RSS

Garasu no Kamen / Glass Mask / Topeng Kaca

30 Aug

TK1cover

Komik yang pertama kali ditulis pada tahun 1970an, oleh Suzue Miuchi. Sampai ini ditulis masih belum tamat. Di bawah ini kira-kira cerita singkat dari 42 buku itu.

Berawal dari kisah seorang gadis bernama Maya Kitajima yang berasal dari keluarga biasa, yang mengejar mimpinya untuk serius berakting, satu-satunya bidang yang dikuasainya.

Bakatnya kemudian ditemukan oleh mantan aktris besar pemeran Bidadari Merah (Kurenai Tennyo), yang hak pementasannya diperebutkan oleh banyak perusahaan besar, Mayuko Chigusa (Tsukikage).

Daito adalah salah satu perusahaan yang mengincar hak pementasan Bidadari Merah, yang dipimpin Masumi Hayami. Daito banyak menelurkan aktor dan aktris berbakat, salah satunya Ayumi Himekawa yang nantinya bersaing dengan Maya untuk memperebutkan Bidadari Merah.

Maya, yang memiliki bakat terpendam, tetapi tidak didukung oleh pengalaman dan pelatihan yang baik. Dalam hal pendalaman peran dan improvisasi, dia sangat luar biasa. Akan tetapi dalam hal teknik panggung, dia jauh di bawah Ayumi, yang sejak kecil sudah dilatih akting, balet, tari, dan pandai dalam segala hal.

TKBM9cover

Masumi, diam-diam mengagumi Maya, dan menjadi fans di balik layar dalam bayangan Mawar Jingga (Murasaki no Bara = mawar ungu, tetapi entah kenapa terjemahannya jadi jingga). Pada akhirnya pun, mereka saling jatuh cinta, dengan selisih usia sebelas tahun dan tekanan Masumi sebagai penerus keluarga Hayami, rasanya sulit bagi mereka untuk bersatu.

Sampai buku ke-42 (Bidadari Merah ke-9), konflik yang masih tersisa adalah perebutan peran Bidadari Merah antara Maya dan Ayumi yang hanya tinggal selangkah penjurian.

Maya nyaris putus asa karena belum bisa mengerti Akoya, sang Bidadari Merah. Sementara Ayumi bergerak maju dengan semangat mengalahkan satu-satunya saingan yang diakuinya sekaligus paling dia takuti, Maya.

Kemudian kisah cinta Maya, yang masih dibayangi oleh teman lamanya yang kini menjadi lawan mainnya juga, Yu Sakurakoji. Di satu sisi, dia masih mencintai Masumi yang sudah bertunangan dengan cucu rekan bisnis ayahnya, meski ia sebenarnya mencintai Maya juga.

Persaingan, mengejar mimpi, kerja keras dan pantang menyerah. Itulah beberapa hal yang mewarnai komik ini. Walaupun sempat dikucilkan dari dunia akting karena difitnah, tepat saat dia berada di puncak karirnya, Maya tetap bangkit dan kembali ke persaingannya dengan Ayumi.

Kesimpulannya, komik ini lengkap, mencerminkan kehidupan sehari-hari, konfliknya sekompleks kehidupan nyata. Alurnya, walaupun kadang tak masuk akal, terutama setelah tahun 2000 yang kesannya terlalu dipaksakan modern, tapi sekelas komik ini tetap wajar dan menarik. Worth reading, worth waiting, a masterpiece. ^^

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on August 30, 2009 in BookShelf

 

Tags: , , , ,

One response to “Garasu no Kamen / Glass Mask / Topeng Kaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: