RSS

Extremely Loud and Incredibly Close

08 May

Terbit pada tahun 2005, oleh Jonathan Safran Foer.

Judul dan cover sinopsisnya tidak menarik menurut saya. Saya membelinya karena komentar dari orang-orang. Back cover buku ini tertulis tentang pencarian seorang bocah 9 tahun, Oskar Schell, tentang sebuah kunci misterius milik ayahnya yang sudah meninggal.

Agak meragukan, dan setelah buku itu di tangan saya, saya membaca bab pertama yang judulnya: Apa-apaan? atau dalam buku asli bahasa Inggrisnya: What The?

Lalu mengalirlah kalimat demi kalimat di bab itu yang mencengangkan saya, agak sulit dicerna awalnya, karena saya tidak melihat korelasinya dengan sinopsis di back cover. Memang benar, kisah di buku ini adalah tentang pencarian lubang kunci, tapi yang saya nikmati lebih dari itu.

Saya melihat Oskar sebagai anak yang sangat menggelitik, dia kritis, lugas, cerdas, lugu dan polos. Pola berpikir praktis dan imajinatif khas anak-anak tetapi kecerdasannya melebihi orang dewasa. Setiap kalimat yang keluar dari mulutnya dan ide yang terlintas dalam benaknya sangat membekas. Semuanya tersebar dalam halaman demi halaman buku yang membuat saya sulit memutuskan di bab mana harus beristirahat. Selain tentang pencarian Oskar Schell dan pemikirannya yang memikat, ada juga halaman-halaman mengenai kisah kakek dan nenek Oskar, tentang bagaimana mereka bertemu dan berpisah (yang tidak kalah anehnya) dalam dua sudut pandang yang berbeda.

Jadi, secara keseluruhan, ada tiga sudut pandang dalam buku ini, Oskar, kakek dan nenek Schell. Pada akhirnya, secerdas apapun seorang Oskar, dia tetaplah anak-anak, dengan ketakutan dan rasa bersalahnya akan banyak hal, dan akhir pencarian yang agak mengecewakan.

Rasanya tidak lengkap bila tidak memberikan sepatah dua patah kutipan favorit, meski rasanya ingin menuliskan setiap kalimat dalam buku ini.

“Kenapa lagu yang indah membuatmu sedih?” “Karena lagu-lagu itu tidak nyata.” “Tidak pernah?” “Tidak ada yang indah sekaligus nyata.”

Bagaimana jika air yang memancar dari pancuran mengandung bahan kimia yang bisa merespons kombinasi dari berbagai hal, misalnya detak jantungmu, suhu tubuhmu, dan gelombang otakmu, sehingga warna kulitmu berubah sesuai dengan suasana hatimu?

Dengan gambar unik yang tersebar di dalamnya. Beberapa halaman yang tampak ‘sia-sia’. Dan buku ini sukses menjadi salah satu buku favorit saya, raison d’etre mencari buku Safran Foer yang lain. 🙂

 
2 Comments

Posted by on May 8, 2011 in BookShelf

 

Tags: , ,

2 responses to “Extremely Loud and Incredibly Close

Leave a Reply

 
