RSS

The Heart Speaks

13 May

By Mimi Guarneri, M.D., FACC (2006)

Dari judulnya, saya langsung jatuh cinta dengan buku ini. Memang saya sudah mulai tertarik dengan segala sesuatu tentang jantung sejak menyadari kerumitan sekaligus keteraturan yang dimilikinya, dan buku ini semakin menyempurnakan ketertarikan itu.

Pengarangnya, seorang dokter spesialis jantung, memperkenalkan sisi lain dari organ jantung yang berbeda dengan apa yang dipelajari oleh ilmu pengetahuan saat ini (meskipun referensi tentang ini sebenarnya sudah banyak). Dari pengalamannya, dia menunjukkan betapa stress sangat berpengaruh pada kesehatan jantung, bahkan melebihi pola hidup yang tidak sehat. Dan bukan hanya dari pengalamannya saja, dia juga menggabungkan beberapa penelitian yang diterbitkan dalam jurnal maupun buku, yang kemudian dibuktikannya sendiri dalam praktiknya.

Penjelasannya tidak terlalu ilmiah, sehingga orang awam pun bisa memahaminya. Dan menurut saya, buku ini adalah salah satu keajaiban yang saya temukan di toko buku dan saya pindahkan ke rak buku saya 🙂

Di lingkungan tempat kami tinggal, semua orang merasa saling terikat satu sama lain. Mereka memahami siapa diri mereka dan di mana mereka semestinya berada. Suasana kekeluargaan ini menumbuhkan perasaan aman dan keterikatan dalam diri saya. Perasaan kebersamaan adalah lingkungan yang sangat baik bagi jantung.

Tanpa saya ketahui, pada saat yang sama ketika saya tumbuh di Bensonhurst, sebuah lingkungan imigran Italia yang sama dengan lingkungan tempat tinggal saya sedang diteliti karena begitu jarangnya penyakit jantung muncul di sana.

Penelitian menyimpulkan bahwa kebutuhan manusia akan kasih sayang mungkin bukan sekedar masalah perasaan tetapi memang kebutuhan fisik yang sesungguhnya. Bagian limbik otak di mana mimpi dan emosi muncul, dapat berfungsi baik hanya jika orang merasakan cinta dan keterikatan.

 
1 Comment

Posted by on May 13, 2011 in BookShelf

 

Tags: , ,

One response to “The Heart Speaks

  1. Kuntum Inti

    September 27, 2011 at 7:50 AM

    bubu…aku juga suka banget buku ini..hehe..jantung memang lebih dari sekedar pompa..

     

Leave a Reply

 
