RSS

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

17 Oct

Berjudul asli Bibbi Bokkens Magische Bibliothek karya Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup ini terbit pertama kali tahun 1999.

Saya membeli buku ini awalnya tertarik pada judulnya yang memuat kata ‘perpustakaan’, sinopsisnya yang menyinggung banyak hal tentang buku, sehingga sebagai pecinta buku rasanya kurang lengkap bila tidak membaca buku ini. Barulah setelahnya saya sadar bahwa buku ini ditulis oleh penulis karya terkenal Dunia Sophie.

Membaca halaman-halaman awal sudah melambungkan saya kemana-mana. Imajinasi liar dari kedua sepupu itu ikut membawa imajinasiku ke arah yang tak beraturan. Bahan perbincangan dalam buku-surat yang mereka kirim antar mereka sendiri juga tak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari ditambah imajinasi. Dan buku tentang pecinta buku, seliar apapun, adalah bacaan yang sangat mengenyangkan bagi para pecinta buku.

Beberapa kutipan yang menarik dari buku ini:

“… saat aku masuk ke sebuah toko buku di Sogndal, ia ada di sana. Ia menelusuri rak-rak buku dan memandangi buku-buku itu. Dan Berit, ia ngiler! Iya, tak bisa kuungkapkan dengan kalimat lain, perempuan itu berada dalam toko buku dan ngiler, seolah buku-buku itu terbuat dari cokelat atau marzipan…”

Mungkin kalau dihiperbolakan, kejadianku saat menelusuri toko buku juga akan seperti itu, hehehe…

“Jika fantasi sama dengan kebohongan, para penulis mestilah merupakan pembohong yang paling antusias. Maksudku, mereka hidup dari situ dan orang-orang dengan sukarela membeli cerita hasil kebohongan mereka. Mereka bahkan muncul dalam klub-klub buku untuk menyampaikan kebohongan melalui pos.”

Tapi bagian paling menyenangkan adalah saat terkuaknya ‘perpustakaan ajaib’ itu, dimana saya merasakan diri saya sebagai bagian darinya, saya merasa ‘fantastis’

“Dalam hitungan detik, pengetahuan yang terkumpul di muka bumi ini bertambah lebih luas. Sepanjang masa, pada diri manusia hadir pemikiran, kata-kata, dan kalimat-kalimat baru. Di seluruh dunia, saat ini jutaan anak tengah membuat bahasa masa depan. Beberapa menyimpan semuanya untuk dirinya sendiri, sementara yang lainnya justru menuliskannya.”

Itulah yang seringkali saya perbuat, mengabadikan sekecil apapun pemikiran saya melalui tulisan, dalam media apapun. Siapa tahu nanti satu dua kalimat kecil saya akan menjadi incunabula di masa yang akan datang 🙂

 
3 Comments

Posted by on October 17, 2011 in BookShelf

 

Tags: , , , ,

3 responses to “Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

  1. Zakaria Husein Abdurrahman

    November 23, 2011 at 5:43 AM

    Pinjaaaaaam

     
    • bzee

      December 29, 2011 at 6:40 PM

      ambiiilll

       
  2. Zack Hoes

    December 29, 2011 at 7:43 PM

    manaaaaaaa

     

Leave a Reply

 
