RSS

Antara Rokok, NAPZA dan Sherlock Holmes

29 Aug

Beberapa waktu lalu, saya membaca novel kedua Sherlock Holmes yang berjudul The Sign of Four. Ada yang menarik di situ, bahwa ternyata Holmes adalah pengguna kokain. Jangan membayangkan zaman itu seperti sekarang, saat itu kokain masih merupakan barang legal, meskipun efek buruknya telah diketahui.

Karena itulah John Watson mengingatkannya. Sherlock sendiri pun sebenarnya juga menyadari dampak buruk tersebut.

“I suppose that its influence is physically a bad one. I find it, however, so transcendently stimulating and clarifying to the mind that its secondary action is a matter of small moment.”
“But consider!” I said, earnestly. “Count the cost! Your brain may, as you say, be roused and excited, but it is a pathological and morbid process, which involves increased tissue-change and may at last leave a permanent weakness. You know, too, what a black reaction comes upon you. Surely the game is hardly worth the candle. Why should you, for a mere passing pleasure, risk the loss of those great powers with which you have been endowed? Remember that I speak not only as one comrade to another, but as a medical man to one for whose constitution he is to some extent answerable.”

Akan tetapi Holmes memang punya masalahnya sendiri, dia tidak bisa tenang tanpa kasus, dan kokain adalah pelariannya. Jika sudah berhadapan dengan kasus sulit, secara otomatis dosis kokain yang dibutuhkannya menurun. Itu Sherlock Holmes.

Saya tiba-tiba berpikir tentang rokok saat ini. Meski telah jelas bahayanya untuk kesehatan, tapi saat ini rokok masih legal di seluruh dunia. Padahal rokok itu jauh lebih jahat, karena tidak hanya merugikan penggunanya, tapi juga orang di sekitarnya.

Di sini saya tidak ingin membahasnya dari segi kesehatan. Tapi saya hanya ingin berandai-andai (baca: berharap). Jika dua abad yang lalu kokain masih legal, lalu sekarang telah dilarang, bukan tidak mungkin kan kalau beberapa puluh atau beberapa ratus tahun lagi rokok menjadi salah satu deretan NAPZA yang dilarang.

Mungkin suatu saat ilmu pengetahuan telah lebih maju, dan dunia memiliki pengambil kebijakan yang lebih bijaksana, berani dan berakal sehat untuk mengambil keputusan itu. Rasanya tidak berlebihan kalau saya memiliki harapan itu. Setidaknya cucu-cicit kita bisa merasakan udara yang lebih bersih, dengan harapan asap knalpot juga semakin ‘bersahabat’.

Kembali ke Sherlock Holmes, sebenarnya dia juga perokok, yang untuk saat ini masih wajar. Akan tetapi ada satu hal yang membuat saya salut. Pada serial Sherlock yang dibuat oleh BBC, dimana setting Holmes dibuat lebih modern, dia sama sekali tidak merokok, apalagi menggunakan kokain. Holmes hanya menggunakan nicotine patch jika situasinya ‘mengharuskan’ dia untuk merokok. Sekali lagi saya angkat topi untuk ini, benar-benar me-modern-kan Sherlock Holmes tanpa merusak karakter asli tokoh rekaan Conan Doyle tersebut. Jadi, tidak salah bukan jika saya beranggapan bahwa merokok itu so yesterday dan era modern adalah orang yang peduli kesehatan dan lingkungan meski dirinya masih minoritas. Mari kita titipkan pesan ini ke anak-cucu kita. Merekalah yang nanti akan tahu jawabannya.

The “Non-smoker Sherlock” šŸ™‚

Advertisements
 
5 Comments

Posted by on August 29, 2012 in My Thoughts

 

5 responses to “Antara Rokok, NAPZA dan Sherlock Holmes

  1. melmarian

    August 29, 2012 at 8:56 AM

    Yeay! tulisan keren nih. Hidup Anti Rokok & hidup Ben, eh Sherlock :-p

     
    • bzee

      August 30, 2012 at 9:09 AM

      Makasih, hidup Sherlock-nya Ben šŸ˜€

       
  2. tezar

    May 31, 2013 at 10:52 AM

    padahal Conan Doyle yang menciptakan Holmes sedndiri seorang dokter ya

     
    • bzee

      May 31, 2013 at 11:46 AM

      iya, makanya ada dialog Watson yg kukutip itu

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: