RSS

Little Story About My Copy of GWTW

05 Sep

Bulan September sampai 8 November besok kebetulan blogku yang itu ikut sebuah event baca bareng novel Gone With The Wind (GWTW) karya Margaret Mitchell. Karya besar zaman itu yang kini menjadi salah satu buku klasik terbaik. Saya bukan mau membahas tentang bukunya (karena membahasnya bukan di sini), tapi satu kejadian menarik saat saya mencari buku itu.

Karena memang telah lama direncanakan, maka jauh-jauh hari saya hunting buku itu. Untuk versi terjemahan hard cover yang masih ada di toko buku harganya cukup mahal (yah, walaupun memang sesuai dengan ketebalannya). Dan lagipula diskon terbesar yang ditawarkan masih seputar 10-15%, maka saya pending dulu pembeliannya. Beberapa waktu kemudian saya tahu bahwa sebelum versi ‘bantal’ yang itu, penerbitnya pernah menerbitkan versi kecil-kecil yang terdiri dari empat buku. Awalnya saya mencoba mencari secara online, tapi ternyata potongan harganya juga tidak seberapa. Untuk yang second-hand pun sudah sulit dicari. Karena penasaran, jadilah saya hunting di toko-toko buku bekas.

Saya menyusuri kios-kios buku yang berjajar, menanyakan Gone.With.The.Wind dengan pronounciation sejelas dan selambat mungkin, tapi rata-rata mereka tidak bisa menangkap yang saya ucapkan. Saya berasumsi bahwa buku itu bahkan tidak pernah ‘hinggap’ di kios mereka, dan saya abaikan saja kesalahan pendengaran itu.

Sampai saya tiba di sebuah kios yang dijaga oleh seorang bapak-bapak (atau kakek-kakek), mungkin usianya sekitar 50-70 tahunan (I can’t say exactly). Saya lupa bagaimana tepatnya dialog saat itu, tapi setelah saya menanyakan Gone.With.The.Wind dengan lambat dan sejelas mungkin, dan beliau mengatakan bahwa tidak ada di tokonya. Sesaat sebelum saya hendak beralih ke kios berikutnya, beliau berbicara pelan, “Lalu Bersama Angin.”

Saya berhenti, memandang si bapak dengan heran. “Pernah punya, Pak?” tanya saya.

“Ga, dulu pernah nonton filmnya, waktu masih muda,” jawab beliau. Beliau menyebutkan tahun (yang saya lupa), dan entah ini asumsi saya waktu itu atau memang si bapak mengatakannya, beliau menonton film itu saat masih pacaran
dengan istrinya. Wow, saya jadi respect dengan bapak itu, terus saya melihat-lihat buku-buku yang dijualnya, dan membeli satu buku yang menarik, meski di luar rencana. Sukanya lagi, beliau langsung memberikan buku itu seharga yang saya tawar pertama kali tanpa meminta saya menaikkannya.

Ah, mengingat itu, kapan-kapan saya mau kembali ke sana lagi. Semoga saya masih ingat posisinya, atau minimal wajah si bapak.

Eh, kembali ke buku GWTW, akhirnya saya membeli yang baru saat ada event diskon 25%. Lega juga sih setelah beli, jadi siap untuk ikut baca bareng. Meski beberapa minggu setelahnya ada event diskon 40% untuk buku yang sama T.T

Sudah, mari membaca! ๐Ÿ™‚

 
3 Comments

Posted by on September 5, 2012 in BookShelf

 

3 responses to “Little Story About My Copy of GWTW

  1. Fanda

    September 6, 2012 at 7:20 AM

    Kyaaaa….si Bapak romantis juga yaa… Kayaknya mama & papaku juga pernah nonton film ini dulu, dan mamaku sendiri juga pernah baca bukunya. Aku heran sendiri padahal mamaku bukan tipe pembaca yang ‘hardcore’ kayak diriku (hihihi…), kok ya bisa-bisanya baca buku bantal itu? Jadi sebenarnya semua potongan nostalgia banyak orang itu mungkin yg pertama kali membuatku pengen baca GWTW. Penasaran banget, apa sih yg bikin buku ini memorable banget, dan yg kisahnya (tidak seperti judulnya–Lalu Bersama Angin) tetap berhembus hingga saat ini.

    Happy reading!

     
  2. daneeollie

    September 6, 2012 at 10:38 AM

    wah, bapaknya jadi teringat masa lalunya itu, romantis ๐Ÿ˜€

     

Leave a Reply

 
