RSS

Link of the Week #1 : free ebooks & audiobooks

18 Jan

Saya baru sadar kalau Ira Book Lover punya meme keren ini saat dia memasukkan link Children’s Literature Reading Project ke dalam Link of the Week nya. Saya pikir, keren juga, secara bookmarks saya di laptop maupun di hape sudah sangat banyak sekali. Pengalaman yang sama dengan Ira, begitu gadget bermasalah, say goodbye to the bookmarks.

 photo link_of_the_week_zps4c5d961b.png

Berhubung pembicaraan dengan Ira bermula dengan situs ebook gratis, maka saya berniat membuat list situs yang biasa saya kunjungi, atau jarang saya kunjungi tapi sudah saya tandai untuk dikunjungi sewaktu-waktu. Namun, semesta sepertinya menakdirkan saya untuk membuat post ini lebih kaya. Secara tidak sengaja, saya mengunjungi post Book Riot tentang ini dan menemukan sebuah post yang sangat keren sekali:

Free books: 100 legal sites to download literature

Sebenarnya isinya sedikit lebih dari seratus, dan sangat lengkap, mulai dari klasik, fiksi modern, sejarah, textbook, dan lain-lain. Jelaslah post ini membuat mata dan mulut saya seketika terbuka lebar. Setelah melihat-lihat sekilas, hampir semua situs favorit saya sudah tercantum di sana, dan sebagian ada yang belum ada. Ini dia sedikit highlight dari saya:

Untuk literatur klasik, patokan saya dari dulu adalah Project Gutenberg, selain itu, semua yang disebutkan di link di atas cukup baru untuk saya dan mesti saya kunjungi suatu saat. Selain itu, saya juga punya Books Should Be Free yang audiobooks-nya lebih lengkap daripada Gutenberg. Feedbooks juga menyediakan buku-buku public domain yang, waktu itu, menyediakan buku yang saya cari di Gutenberg belum ada.

Untuk audiobooks, ada juga di Open Culture, selain banyak judul ebook, textbook, bahkan film juga. Sumber lain yang saya temukan berkat aplikasi di smartphone android saya adalah Manybooks.net. Untuk judul-judul yang lebih bervariasi, ada Free e-Books yang menyediakan ebook public domain, juga ebook gratis dari penulis baru atau promosi.

Di antara textbook yang disebutkan di 100 link di atas ada eMedicine, salah satu referensi saya juga, meski saya tidak yakin itu bisa dikatakan textbook. Namun untuk orang-orang medis, artikel referensi yang disediakan di sana cukup lengkap, dan artikel beritanya juga lumayan up to date. Yang lain-lainnya patut dicoba, termasuk sejarah dan science 🙂

Saya rasa cukup untuk edisi perdana ini, lebih lengkap tentang meme ini bisa ditengok di blog sang host. Edisi berikutnya, mungkin saya akan membagi link analisis literatur yang sering saya pakai.

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on January 18, 2014 in Link of the Week

 

2 responses to “Link of the Week #1 : free ebooks & audiobooks

  1. Ira

    January 18, 2014 at 11:23 PM

    Aseek, banyak ketemu ‘rantai baru’ keren. Mbuahahahahahahaha 😀

    Siip…yang eMedicine kakak ku pasti suka nih, dia orang medis juga.

    Jadi ingat dulu waktu kuliah sering dikasih dosen situs jurnal dan artikel ilmiah untuk computer science, sdah di bookmark tp ikut ‘lenyap’ juga ‘by accident’.

    Thanks ya Bzee sudah ikutan, links-nya keren2, aku sukaaa (‘▽’ʃƪ) ♥

     
    • bzee

      January 19, 2014 at 7:50 PM

      Thanks juga udah ngasi cara bookmark yg lebih aman 😀

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: