RSS

Link of the Week #2 : Studying Literature

23 Mar

Sudah berapa lama berlalu sejak saya menjanjikan untuk Link of the Week yang ini? Rasanya sudah lama sekali ya, tapi tak apa, yang penting kali ini bisa ikut lagi, dan–beruntungnya–pas ada giveawaynya juga. Yeah! Cek di blog Ira ya.

Saya suka membaca sastra, klasik maupun kontemporer, paham maupun tidak (LOL), karena bagi saya kehidupan digambarkan dengan baik dan ‘terang’ oleh sebuah sastra yang bagus. Nah, untuk kriteria bagus atau tidak, mungkin orang punya definisinya sendiri, yang tidak akan saya bahas di sini.

Masalahnya adalah, sebagai blogger buku, bagaimana saya bisa mereview buku jika saya tidak mengerti isinya. Tentu saja bukan tidak mengerti sepenuhnya–karena kalau begitu tidak mungkin saya selesaikan. Mungkin ada buku-buku tertentu yang saya baca dengan pemahaman parsial, atau mungkin saya hendak mengkonfirmasi pemahaman saya dengan pemahaman orang-orang yang ‘lebih paham’. Memang kadang-kadang saya iseng punya interpretasi sendiri, tapi sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap pembaca blog, perlu juga sekali-sekali menengok situs-situs ini dulu.

Saat saya mulai belajar membaca karya asli William Shakespeare, maka salah satu penolong saya terhadap bahasa Shakespeare yang belum EYD adalah No Fear Shakespeare (NFS). Di sana, teks asli dijajarkan dengan teks modern, jadi kita bisa langsung membandingkan tanpa harus susah payah scrolling. Judul-judul yang tersedia pun sudah lumayan banyak.

Di website yang sama, ada juga SparkNotes yang menganalisis lumayan banyak sastra klasik dan kontemporer. Berbeda dengan NFS yang cenderung semacam menerjemahkan, SparkNotes ini menjabarkan analisis per bab, per karakter, moral cerita, latar belakangnya, dan lain sebagainya. Ini sumber inspirasi yang bagus saat sudah mentok menulis review 😀

Dulu saya pernah harus mereview sebuah puisi naratif, sebenarnya saya paham sih sedikit-sedkit, tetapi saya belum terbiasa dengan puisi, apalagi mereviewnya. Saat berkonsultasi dengan Google, saya pun diperkenalkan dengan Shmoop (Poetry). Shmoop ini paling lengkap di antara yang saya dapatkan di pencarian Google, karena dia menganalisis tiap bait puisi tersebut, pokoknya sangat direkomendasikan bagi yang ingin belajar membedah puisi.

Selain puisi, ternyata Shmoop isinya sangat beragam, mulai dari sastra dan Shakespeare seperti di SparkNotes, juga ada pembahasan mitologi, buku-buku populer semacam The Hunger Games dan Twilight, bahkan pelajaran aljabar, geometri, biologi, pokoknya banyak sekali. Saya bahkan belum sempat menelusuri semuanya.

Sementara itu dulu, sepertinya saya terkena penyakit lupa menyimpan link di mana, atau memang belum saya simpan ya :p. Yang jelas kedua situs itu biasanya yang pertama kali saya tuju akhir-akhir ini.

Cek edisi spesial Link of the Week di sini.

 photo link_of_the_week_zps4c5d961b.png

 
2 Comments

Posted by on March 23, 2014 in Link of the Week

 

2 responses to “Link of the Week #2 : Studying Literature

  1. Ira

    March 23, 2014 at 10:55 AM

    Kereeeeeennnnn…Ini situs referensi yang komplit banget ↖(^▽^)↗

    Yang poetry cocok banget buat sy yg otakknya sering bebal kalo soal nangkap makna tersirat dalam sebuah puisi 😀

     
    • bzee

      March 26, 2014 at 6:42 PM

      Cocok buat tema posbar BBI Maret ini ya 🙂

       

Leave a Reply

 
