RSS

Tersangka Penipuan

14 Oct

Masa kecil itu ditandai dengan buku-buku manis dan lucu; beruang yang terbang dengan balon udara, gadis yang berjuang meraih mimpinya, petualangan di laut penuh keajaiban, detektif cilik yang menangkap penjahat dengan kecerdasannya, dan detektif besar yang jenius. Para detektif cilik itu mencari kaus kaki yang hilang, melacak pencuri di minimarket, dan memecahkan sandi-sandi rahasia. Sedangkan sang detektif besar tampaknya dicurangi karena kisah yang sebenarnya disimpan dari masa kecil, disembunyikan dalam kata-kata yang lebih sederhana.

Namun, segalanya berubah saat masa kecil yang tidak terlalu kecil didatangi oleh sesosok buku bersampul gelap, yang katanya punya detektif juga. Masa kecil yang tidak terlalu kecil masih asing dengan pembunuhan. Masa kecil yang tidak terlalu kecil juga terlalu polos untuk tahu bahwa manusia itu bisa sangat jahat, bahwa menipu dan berbohong itu hanyalah cara kecil untuk menutupi kejahatan yang lebih besar. Masa kecil yang tidak terlalu kecil masih naif untuk percaya bahwa yang dibacanya adalah kenyataan. Hingga pada akhirnya, dia beberapa kali ditipu. Masa kecil yang tidak terlalu kecil tertipu oleh pembunuh yang tidak terlihat, oleh orang mati yang ternyata tidak mati, oleh kesaksian palsu, dan oleh jebakan karakter.

Kemudian tibalah masa dewasa yang belum terlalu dewasa, yang menyadari bahwa penipuan-penipuan kecil itu seru juga. Meski dia belum juga belajar apa artinya ditipu itu.

Hanya masa dewasa yang mengerti, bahwa dia tidak ditipu. Masa dewasa menyadari bahwa yang disangkanya sebagai penipu ulung hendak menunjukkan padanya warna dunia yang sesungguhnya. Masa dewasalah yang tahu bahwa dunia ini tak semanis yang dibayangkannya sampai masa kecil yang tak terlalu kecil. Masa dewasa kini masih menyimpan apa yang dulu disangkanya sebagai penipuan, dalam hati dan lemari bukunya.

Tersangka penipuan itu (yang kini terbukti tak bersalah) berinisial AC. Begitulah bagaimana sang (mantan) tersangka sangat berjasa dalam memperkenalkan dunia bagi si calon dewasa.

image

Details here

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on October 14, 2015 in My Thoughts

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: